Jumat, 29 Maret 2013

Minum Antibiotik Saat Hamil, Amankah?

http://123456.blogspot.com/

Informasi Kesehatan - Wanita-wanita yang sedang mengandung tak usah takut atau khawatir apabila mereka diberi resep obat-obatan antibiotika oleh dokter, kalau obat-obatan tersebut dapat merusak janin mereka. Demikian disampaikan oleh para ahli kedokteran dalam artikel di sebuah majalah kedokteran.

Bahaya bagi janin akan lebih besar apabila si ibu yang menderita infeksi dan menolak atau tidak mau meminum obat antibiotika tersebut, demikian dikatakan para ahli kesehatan dalam majalah kedokteran yang dipublikasi di Stuttgart. Dikatakan oleh para ahli tersebut sekitar separuh dari bayi yang lahir dalam keadaan prematur adalah disebabkan oleh infeksi.

Apabila seorang ibu yang sedang hamil menderita infeksi bakteri, sering kali menyebabkan infeksi pada saluran kemih. Apabila jumlah bakteri dalam tubuh meningkat hal itu menyebabkan air ketuban si ibu pecah sebelum waktunya. Infeksi chlamydia juga harus ditangani dengan bakteri juga karena infeksi tersebut dapat merusak atau mempengaruhi perkembangan janin.

Namun tidak semua obat-obatan antibiotika tidak berbahaya bagi para calon bayi yang mengalami proses pertumbuhan dalam rahim ibu sampai siap untuk dilahirkan.

Hal ini berlaku pada obat-obatan antibiotika yang masuk dalam kelompok Chinolone. Selain itu juga tetracycline juga diharamkan bagi wanita hamil, namun apabila telah melakukan konsultasi dengan seorang dokter, jenis obat antibiotika lainnya mungkin dapat ditemukan yang sesuai dan tidak berbahaya bagi ibu dan janinnya.


Sumber: dechacare.com
http://123456.blogspot.com/
Tidak ada komentar:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar