Kamis, 02 Mei 2013

Baking Soda, Bahan Dapur Efektif Memutihkan Gigi

http://123456.blogspot.com/

Informasi Kesehatan - Salah satu bahan yang tak boleh dilupakan saat membuat kue adalah baking soda. Ternyata, baking soda juga bisa digunakan untuk membersihkan kesehatan mulut. Menurut Periodontist, drg. Dedy Yudha Rismanto, Sp Perio, kandungan baking soda (Sodium bicarbonate) digunakan di mulut berguna untuk membersihkan plak pada gigi.

"Plak-nya itu yang berada di antara pertemuan gigi dan gusi," kata Yudha dalam acara 'Melihat ada darah saat menyikat gigi' bersama Paradontax. Selain itu, baking soda juga dapat membersihkan jaringan lunak yang sangat cocok untuk gusi. Baking soda juga dapat membuat kondisi dalam mulut basah.

"Pasta gigi yang mengandung Sodium Bicarbonate juga membuat plak tidak akan matang. Habis itu, dapat membuang pewarna dari luar," tambah tambah dosen Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia. Pewarna yang dimaksud Yudha berasal dari rokok, dan makanan berlemak. Yang pasti, pasta gigi yang mengandung baking soda juga dapat memutihkan gigi Anda.

"Untuk menjaga kesehatan mulut, Anda harus pintar memilih pasta gigi yang mengandung sodiumbicarbonate," tutupnya. Secara kimiawi, baking soda merupakan bahan dasar amphoteric, yang dapat bereaksi dengan asam dan basa. Bahan ini dapat menetralkan asam yang diproduksi oleh bakteri dalam pak yang berpotensial menghancurkan enamel gigi.

Struktur kimia baking soda mampu merontokkan kotoran sehingga efektif membersihkan gigi. Meski ada bahan lain yang bisa digunakan untuk memutihkan gigiseperti hydrated silica atau kalsium fosfat, baking soda ini unik.

Kristal baking soda dapat dengan mudah disingkirkan dengan air sehingga tidak memungkinkan baking soda tertelan atau masuk ke tempat yang lebih dalam di sela-sela mulut dan gigi.


Sumber: liputan6.com
http://123456.blogspot.com/
Tidak ada komentar:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar