Senin, 08 April 2013

Air Putih: Sumber Kehidupan Bagi Tubuh

http://123456.blogspot.com/
Informasi Kesehatan - Kita bisa bertahan tanpa makanan selama seminggu. Tapi kita tidak bisa bertahan hidup tanpa air selama dua hari. Ini menunjukkan betapa vitalnya air bagi kehidupan. Air merupakan nutrisi paling penting bagi tubuh, yang membuatnya terlibat secara langsung dalam setiap fungsi tubuh.

Air membantu untuk menjaga suhu tubuh, metabolisme lemak tubuh, membantu dalam pencernaan, melumasi organ tubuh, mengangkut nutrisi dan membuang racun dari tubuh. Itulah mengapa disarankan untuk setiap orang sehat harus meminum setidaknya dua liter air per hari, dan jika Anda berolahraga atau kelebihan berat badan, mungkin jumlahnya bisa lebih banyak.

Apa Saja Kebaikan Air Putih?
Begitu besar manfaat air putih bagi kesehatan. Berikut ini yang akan kita peroleh dari sering minum air putih bagi tubuh

Melawan obesitas. 
Minuman yang mengandung gula berarti memberikan asupan gula tambahan yang dapat memicu obesitas. "Kemampuan tubuh dalam mengolah gula juga berkurang seiring usia bertambah dan jarang bergerak, sehingga takaran yang terurai di dalam tubuh yang dianjurkan setiap hari menjadi berlebihan," jelas dr. Fiastuti Witjaksono, MSc. MS. SpGK, Spesialis Gizi Klinik dari Universitas Indonesia.

Menangkis otak lemot. 
Sekitar 70 persen tubuh manusia terdiri dari air. Jika kekurangan, akan mengalami dehidrasi yang berdampak negatif pada tingkat kinerja, kemampuan kognitif, dan mood. Jika kinerjanya menurun, biasanya konsentrasi dan kewaspadaan berkurang. Yang artinya, sulit berpikir. Nggak mau, kan? 

Menurunkan risiko batu ginjal. 
"Meminum air sebanyak 2-3 L setiap hari menjadi cara mudah mengurangi pembentukan batu ginjal dan infeksi saluran kemih," jelas Dr. dr. Parlindungan Siregar, SpPD. KGH, dari Divisi Ginjal Hipertensi FKUI/RSCM. Dengan minum air putih setidaknya 2 L sehari maka jumlah urin yang dikeluarkan akan bertambah sehingga mengurangi risiko konsentrasi garam dan mineral dalam tubuh. 

Mencegah diabetes. 
Para peneliti di Harvard School of Public Healht menjelaskan bahwa mengganti minuman manis dengan air putih dapat membantu mencegah terjadinya gangguan metabolisme dalam tubuh, yang memicu risiko diabetes. Mengganti minuman soda atau manis dengan air putih bisa memangkas risiko diabetes hingga 17 persen.

Bebas jerawat. 
Kebanyakan orang menduga kondisi wajah berminyak menyebabkan jerawat. Akibatnya, sengaja menggunakan cleanser untuk mengurangi jumlah minyak. Ini salah besar. 

"Jika memiliki kulit berminyak harus dibarengi dengan rajin minum air putih yang banyak agar tingkat minyak berkurang. Menggunakan cleanser malah membuat kulit menjadi kering atau dehidrasi sehingga muncullah bintik-bintik merah dan nyeri tersebut," Lilik Norawati, SpKK, Dokter Spesialis Kulit.

Menyembuhkan demam berdarah. 
Beberapa penyakit seperti diare dan demam berdarah menyebabkan penderitanya mengalami dehidrasi parah. Air putih yang diminum secara rutin bisa membantu meringankan kondisi penderita. Jadi lebih baik berikan banyak air putih daripada memberikan penderita jus jambu klutuk atau minuman isotonik.


Sumber: ghiboo.com
http://123456.blogspot.com/
Tidak ada komentar:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar