Selasa, 30 April 2013

Hamil Di Usia Muda Turunkan Risiko Kanker Payudara?

http://123456.blogspot.com/
Informasi Kesehatan - Peneliti selama ini masih penasaran dengan alasan kenapa kehamilan di usia muda mampu melindungi wanita dari kanker payudara. Bahkan penelitian pernah membuktikan bahwa punya anak sebelum usia 20 tahun mampu menurunkan risiko kanker payudara wanita hingga 50 persen.

Kini, penelitian terbaru pun fokus pada analisis jaringan kanker payudara tikus percobaan laboratorium. Dari analisis tersebut, peneliti akhirnya menemukan sebuah gen yang berpengaruh terhadap risiko kanker payudara pada ibu muda.

Menurut peneliti, berkurangnya gen Wnt4 dan Notch berbanding lurus dengan risiko kanker payudara pada wanita yang hamil di usia muda. Sebagaimana dilansir dari Medical Daily, gen tersebut khususnya terlibat dalam fungsi sistem imun dan nasib sel-sel tubuh.

"Penurunan regulasi gen Wnt4 jarang ditemukan pada kasus kanker. Sehingga jumlah gen Wnt4 dan Notch yang menurun setelah kehamilan bisa mencegah pertumbuhan kanker payudara pada wanita," terang kepala penulis penelitian Mohamed Bentires-Alj dari Friedrich Miescher Institute for Biomedical Research.

Protein dalam gen Wnt4 juga dikenal sebagai pemberi sifat feminin. Sebab tanpa kehadiran protein tersebut, wanita memiliki kesempatan tinggi untuk melahirkan anak laki-laki. Hasil penelitian tersebut lantas dilaporkan dalam jurnal Breast Cancer Research.


Sumber: merdeka.com
http://123456.blogspot.com/
Tidak ada komentar:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar