Selasa, 23 April 2013

Kenali Gejala Awal Tuberkulosis Pada Anak

http://123456.blogspot.com/

Informasi Kesehatan - Kasus tuberkulosis pada anak memang masih terbilang jarang didengar oleh masyarakat. Padahal, penyakit ini merupakan salah satu penyakit menular yang membahayakan kesehatan. Ada banyak masyarakat yang belum mengetahui bagaimana kasus infeksi pada anak bisa terjadi. Untuk melakukan pencegahan dan memberikan pengobatan dini, Anda harus mengetahui gejala dari penyakit ini.

"TB adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh kuman mycobacterium tuberculosis. Dan anak-anak cukup rentan terhadap infeksi TB yang dapat dengan mudah menular lewat percikan dahak penderita TB aktif yang terbawa di udara," tutur dr. Wahyuni Indawati, dokter spesialis anak dari RSCM, dalam sebuah seminar Tuberkulosis pada Anak, di kantor IDAI, Jakarta.

Untuk melakukan pencegahan, dr. Wahyuni memberikan indikasi kapan Anda harus curiga adanya infeksi TB pada anak. "Hal yang perlu Anda curigai adalah adanya demam lama lebih dari 2 minggu dan atau berulang, batuk lama lebih dari 3 minggu, anak lesu tidak seaktif biasanya. 

Nafsu makan turun dan berat badan turun atau tidak naik selama 2 bulan berturut-turut, pernah kontak dengan penderita TB aktif, adanya benjolan pada leher. Jika muncul tanda seperti ini, maka segera bawa ke rumah sakit untuk pemeriksaan lebih lanjut," jelas dr. Wahyuni.


Sumber: okezone.com
http://123456.blogspot.com/
Tidak ada komentar:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar